KATROL
pengertian
Pada Gambar 12 terlihat pasukan pengibar bendera sedang menaikkan bendera pada tiang bendera. Sebuah katrol digunakan untuk menempatkan bendera di puncak tiang. Katrol adalah roda beralur dengan sebuah tali atau rantai yang lewat pada alur itu. Katrol memudahkan kita melakukan kerja.
Untuk memudahkan kalian dalam mempelajari katrol, silahkan download LKs 3 “Katrol” disini.
Pada dasarnya katrol sama dengan tuas, oleh sebab itu dapat dimungkinkan mengangkat benda-benda yang lebih berat dari kemampuan. Berdasarkan penempatannya, katrol dibedakan menjadi tiga yaitu: katrol tetap, katrol bergerak, katrol ganda.
Katrol Tetap
Katrol tetap adalah katrol yang kedudukannya selalu tetap di suatu tempat seperti pada Gambar 13 dibawah ini.
Gambar 13. Katrol Tetap
Bagian-bagian katrol adalah
Fb = gaya beban
Fk = gaya kuasa
lb = AO = lengan beban
lk = OB = lengan kuasa
Katrol berfungsi untuk membelokkan gaya sehingga berat beban tetap sama dengan gaya kuasanya tetapi dapat dilakukan dengan mudah. Keuntungan mekanis katrol tetap sama dengan satu. Katrol tetap digunakan untuk menimba air.
Keuntungan mekanis katrol tetap dapat dirumuskan:
Katrol bergerak
Katrol bergerak adalah katrol yang bila sedang bekerja kedudukan selalu berpindah tempat mengikuti gerak beban seperti pada Gambar 14.
Titik tumpu katrol tunggal bergerak berada di titik A. Lengan beban lb adalah jarak AO dan lengan kuasa lk adalah jarak AB. Berat beban adalah Fb dan gaya kuasa (F) adalah FkDengan demikian, berlaku persamaan sebagai berikut.
lk = 2 lb
Jadi, keuntungan mekanis katrol tunggal bergerak adalah:
Adapun besar gaya kuasa yang harus dilakukan untuk mengangkat beban adalah
Katrol Ganda
Katrol ganda adalah beberapa katrol yang dirangkai seperti pada Gambar 15 dan pada umumnya digunakan untuk mengangkat benda-benda yang berat. Katrol gabungan dapat memiliki keuntungan mekanik yang besar. Keuntungan mekanik katrol gabungan sama dengan jumlah tali yang menyokong berat beban.
Komentar
Posting Komentar